, ,

Fitur Drag And Drop di Android Makin Canggih Dengan Adanya…

oleh
loading...

Google mendaftarkan paten untuk mekanisme seret-taruh atau kerap diistilahkan drag and drop pada perangkat mobile. Biasanya, drag and drop lebih familiar pada laptop atau fungsi-fungsi tertentu di sistem operasi Android.

loading...

Paling sederhana, untuk mengelompokkan aplikasi ke folder tertentu pada ponsel Android, pengguna bisa menarik aplikasi dan meletakkannya ke folder dengan drag and drop tadi.

Namun, paten yang dibuat Google mengakomodir fungsi drag and drop yang lebih mendalam. Ditilik dari ilustrasinya, pengguna bisa memindahkan teks, gambar, dan file lainnya di ponsel.

Lebih lanjut, konten-konten yang dipindahkan tak cuma dalam satu aplikasi tertentu tapi bisa juga antar-aplikasi.

Contohnya ketika pengguna memilih foto tertentu di galeri ponsel. Pengguna bisa menariknya dan memindahkan ke aplikasi pengeditan foto, chatting, atau layanan lainnya yang menerima format gambar itu.

Begitu pula dengan teks. Pengguna bisa memblok teks chat, lantas menariknya keluar dari aplikasi chat dan meletakkan langsung di aplikasi penerjemah kata atau mesin pencari.

Jika paten ini direalisasikan, pengguna tentu bisa lebih produktif dalam menjajal ponsel Android. Tak perlu lagi menekan banyak opsi untuk mengedit foto, menyalin teks, atau mentransfer file.

Meski demikian, perlu diingat kembali bahwa paten teknologi kerap mengisyaratkan rencana dan cita-cita suatu vendor. Paten bisa jadi direalisasikan jika mungkin, tapi bisa pula cuma berakhir sebagai paten belaka.

loading...