,

Cara Menggunakan Substratum untuk Memasang Tema Perangkat Marshmallow atau Nougat Android

oleh
loading...
Mungkin salah satu fitur terbesar CyanogenMod adalah built-in theme engine-nya. Meskipun tidak sempurna, tapi berhasil memberi pengguna tampilan yang unik. Kini setelah CyangenMod tidak berfungsi lagi, dan pengembang di balik penggantinya, LineageOS, telah memastikan bahwa mereka tidak akan melanjutkan membuat tema, pengguna harus menemukan cara lain untuk menorehkan perangkat mereka. Tak perlu takut, Substratum ada di sini.
Substratum theme engine adalah solusi bagi anda yang ingin memasang tema, yang dikembangkan oleh tim yang sama yang membawa banyak tema CM13 yang populer. Ini sepenuhnya berfungsi pada LineageOS, dan juga hampir semua ROM khusus berbasis AOSP, dan bahkan dapat menandingi firmware saham pada perangkat yang menggunakan antarmuka Android vanili. Selama Anda berakar, instalasi sangat sederhana, jadi saya akan menunjukkan cara kerjanya di bawah ini.

Pasang Substratum Theme Engine

Mulailah dengan memasang “substratum theme engine” dari Google Play Store, yang dapat Anda temukan di tautan di bawah ini. Kemudian, luncurkan aplikasi dan cepat masuk melalui pendahuluan. Saya biasanya melewatkan pendahuluan, namun dalam kasus ini, Anda akan belajar sedikit tentang bagaimana aplikasi bekerja, jadi mungkin layak untuk dilihat.

Pasang “substratum theme engine” gratis dari Google Play Store


Berikan Izin Tambahan

Setelah selesai dengan perkenalan, ketuk “Izinkan” saat diminta memberi izin aplikasi, lalu tekan “ijinkan” di munculan permintaan Superuser. Aplikasi akan menjelaskan apa hak aksesnya, dan akar diperlukan untuk memastikan aspek theming sesuai dengan yang diinginkan.

Temukan Tema untuk Mencoba

Untuk menunjukkan bagaimana cara kerja theming, kami akan menginstal Theme Dark Substratum Default, namun Anda dapat memasang tema substratum yang menarik perhatian Anda. Mencari “tema substratum” di Play Store akan memberi banyak hasil untuk Anda pilih. Setelah Anda menemukan yang Anda sukai, instal saja seperti aplikasi lainnya.

Toggle & Install Overlay

Setelah memasang tema, kembali ke aplikasi di bawah tanah dan masuk ke halaman Paket Tema, lalu pilih tema yang baru saja Anda pasang. Jika Anda ingin menerapkan keseluruhan tema, aktifkan pengalih di samping “Select to toggle all overlays.” Jika tidak, Anda dapat memilih dan memilih aplikasi individual dan elemen yang ingin Anda beri tema dengan mencentang kotak di sampingnya.
Setelah selesai, tekan tombol tindakan mengambang dan tekan “Install Selected.” Berikan telepon Anda sebentar untuk mengkompilasi dan memasang semua lapisan. Anda akan melihat progress bar – tunggu sampai hilang. Segera setelah semuanya selesai, lanjutkan dan reboot telepon Anda agar mesin theming bisa menerapkan lapisannya.
Setelah telepon Anda selesai reboot, Anda akan melihat bahwa lapisan yang dipilih telah diterapkan. Bergantung pada tema yang Anda pilih, berbagai aspek ponsel Anda sekarang akan memiliki tampilan baru yang segar. Selain aplikasi saham seperti SystemUI, kebanyakan pengembang juga menyertakan tema untuk banyak aplikasi pihak ketiga yang populer seperti WhatsApp dan Skype.
Sementara mesin tema CyanogenMod pasti akan dilewatkan, substratum telah membuktikan bahwa ini lebih dari sekedar mampu mengisi celah yang tertinggal di LineageOS. Mungkin tidak ada banyak tema yang tersedia saat ini, namun ada banyak pengembang dalam proses pembuatan tema mereka. Sementara itu, pastikan untuk memberi komentar di bawah memberi tahu berapa banyak perbedaan yang telah dilakukan pada ponsel Android Anda!
loading...