,

Cara Edit atau Hapus Metadata Gambar di Windows 10

oleh

Apa itu Metadata ? Apa Fungsinya ?
Mungkin itu yang harus saya bahas dulu sebelum saya memberikan tutorial tentang cara mengedit ataupun menghapus metadata.

Menurut Informasi yang ada di laman Wikipedia Metadata adalah

informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi.

Dan memiliki fungsi

Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog yaitu:

  • Membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan;
  • Mengidentifikasi sumberdaya
  • Mengelompokkan sumberdaya yang serupa
  • Membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaan
  • Memberikan informasi lokasi

Artinya metadata adalah sebuah informasi yang diberikan atau yang dibuat dan diletakkan disebuah file baik itu gambar atau video oleh pembuatnya.

Oke sekarang kita lanjut ke pembahasan Cara Untuk Menghapus atau Mengedit Metadata di Windows 10.

Anda dapat menambahkan, menghapus, atau benar-benar menanggalkan metadata dari gambar, dan dalam panduan ini, akan menunjukkan cara untuk melakukannya.

Setiap kali Anda mengambil foto menggunakan ponsel, kamera digital, atau menggunakan perangkat lain, file yang dibuat tidak hanya mencakup gambar, tapi array data tentang perangkat, penulis, tanggal, dan rincian penting lainnya, yang dikenal sebagai metadata.

Berkat metadata, aplikasi, seperti built-in aplikasi Foto dapat menampilkan informasi, termasuk ketika gambar diambil, dimensi, ISO, ukuran, dll

Namun kadang-kadang informasi yang dicatat dalam metadata yang hilang atau tidak benar. Untungnya, Windows 10 memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengedit informasi ini atau benar-benar menghapusnya dari hampir semua jenis file.